Saturday, June 3, 2017

Reseller Vs Dropshipper

Reseller Vs Dropshipper

Reseller adalah orang yang menjual ulang suatu barang/produk. Sedangkan dropship adalah bisnis dimana anda meminta supplier/pemasok untuk mengirimkan barang/produk ke pelanggan anda. Persamaannya adalah sama-sama tidak memiliki barang/produk sendiri. Jika anda memiliki cukup modal anda bisa mulai bisnis online reseller, tapi jika anda tidak memiliki modal/sedikit modal anda bisa mulai dengan bisnis online dropship.

Kelebihan dan Kekurangan reseller :

1. Kelebihan :

- Tahu stok barang : produk ada ditangan anda jadi anda tahu stok barang yang ada
- Bisa menjalaskan kondisi barang dengan mendetail
- Bisa menerima pelangga secara online maupun offline
- Keuntungan dari diskon yang diberikan lebih besar

2. Kekurangan :

- Butuh modal tidak sedikit, biasanya sampai jutaan
- Direpotkan dengan pengemasan barang dan pengiriman

Kelebihan dan Kekurangan dropship :

1. Kelebihan :

- Modal sedikit
- Tidak diribetkan dengan pengemasan dan pengiriman karena semua dilakukan supplier
- Kapanpun dan dimanapun bisa dijalankan, komunikasi dengan pelanggan bisa dilakukan secara online

2. Kekurangan :

- Penghasilan kecil : diskon dropship biasanya lebih kecil
- Tidak tahu kondisi barang : karena barang ada disupplier jadi anda tidak tahu persis kondisi barang yang anda jual
- Tidak tahu stok barang : Stok barang tentu anda bisa tanyakan ke supplier, tapi kadangkala responnya lambat. Apalagi supplier memiliki banyak reseller atau dropshipper. Alhasil anda bisa kehilangan pelanggan anda.
- Menghadapi komplain pelanggan : karena anda tidak tahu kondisi barang yang dikirim, maka anda akan kesulitan ketika menghadapi komplain dari pelanggan anda.

Untuk sukses memulai bisnis ini dibutuhkan kiat khusus. Berikut beberapa kiat yang akan membantu anda sebagai pebisnis pemula :

1. Daftar Jadi Reseller atau Dropshipper

Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper sesuaikan dengan kemampuan anda. Untuk mendaftar jadi reseller atau dropshipper anda bisa mencarinya di toko online yang menyediakan layanan ini. Anda bisa bertanya kepada owner. Bahkan untuk toko online ada yang memasang halaman khusus program reseller atau dropship. Tidak semua toko online membuka peluang ini. Ada yang hanya membuka reseller saja, ada yang membuka dropship saja dan ada juga yang tidak menerima keduanya.

2. Carilah Supplier yang Responsif

Carilah supplier yang responsif karena mereka akan memudahkan anda untuk menjalankan kedua program ini. Carilah supplier yang cepat tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan dan orderan anda Terutama jika anda memilih dropship, anda akan sangat bergantung dengan informasi yang diberikan supplier. Supplier yang responsif membuat anda nyaman dan tenang menjalankan kedua program ini. Anda bisa mengikuti program reseller dan dropship dari beberapa toko onlne, dengan begitu anda akan melihat supplier mana yang lebih responsif.

3. Uji Coba Dulu Produk yang Akan Dijual

Kualitas produk yang akan anda jual harus anda perhatikan.Anda bisa membeli terlebih dahulu produk dari toko online yang akan anda ikuti programmnya. Dari transaksi ini, anda bisa mengetahui alur atau cara order dari toko online tersebut, kecepatan respon, kualitas produk, cara pengemasan produk, serta jasa pengiriman yang bekerja sama dengan toko online/ supplier tersebut.

4. Membuat Perjanjian atau Kesepakatan Dengan Supplier

Banyak toko online yang menawarkan program reseller dan dropship. Masing-masing toko online memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Anda perlu perhatikan setiap poinnya, jangan hanya besaran komisi/diskon yang saja yang anda perhatikan. Kuatir ditengah jalan supplier mengubah ketentuannnya, buatlah kesepakatan di awal. Sehingga masing-masing pihak bisa saling bertanggung jawab dengan kesepakatan tersebut. Biasanya untuk dropship syaratnya lebih mudah. Anda toko online yang menentukan minimal order, ada juga yang tidak menentukan minimal order jadi order berapapun akan dilayani dan hanya menentukan minimal order untuk pembelian pertama. Carilah yang tidak menentukan minimal order.

5. Bangun Hubungan dan Komunikasi yang Baik Dengan Supplier

Anda harus membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan supplier , terutama jika anda dropshipper. Komunikasi yang baik memudahkan anda melakukan order-order berikutnya. Jika komunikasi berjalan baik dan lancar, bisnis ini bisa anda lakukan bertahun-tahun.

Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Jika anda cukup jeli, pada akhirnya anda akan memiliki toko online dengan produk anda sendiri. Pengalaman anda menjadi reseller dan dropshipper ini akan bermanfaat nantinya untuk toko online produk anda sendiri.


Terima Kasih Telah Mengunjungi Website Kami Strategi Promosi Bisnis. Ikuti Update Kami dengan Cara Subscribe Via Email atau Like Fanpage Kami atau melalui Aplikasi Berikut :

Telegram : https://t.me/tutorialbisnisonline atau @tutorialbisnisonline


Baca Artikel Edukasi Disini  :


Baca Artikel Kesehatan disini :


Temukan Berbagai Produk Properti disini :


Download Gratis Ebook Bisnis, Marketing, Properti, dan Lainnya disini

Baca Cerita Lucu, Humor disini :



Artikel Lainnya


loading...



loading...

No comments:

Post a Comment